Bikin Diri Sendiri Merasa Dicintai

Bikin Diri Sendiri Merasa Dicintai

Long time no see *sambil bersih-bersih sarang laba-laba di blog. Sedikit merasa bersalah karena lama nggak menengok blog yang satu ini. Boro-boro sempat buka adminnya, wong buka homepage aja nggak pernah. Iya, mungkin saya termasuk salah satu blogger yang durhaka nggak pernah menengok karyanya.

Tahun 2017 baru aja berjalan 3 bulan, tapi ternyata a lot of things happen in my life. Bikin banyak ups and downs, bahkan ada juga yang rasanya seperti tertampar sesuatu. Kehilangan orang-orang yang disayang jadi tema besar yang saya alami di awal tahun ini. Dan ternyata perjuangan untuk bangkit dan move on itu nggak mudah. Tapi, bukan berarti kamu nggak bisa melakukannya juga, lho.

Kalau dikaitkan dengan romantic relationship, biasanya sih cewek yang mengalami kehilangan orang yang disayang tiba-tiba mengalami momen paling down dalam hidup mereka. Rasa percaya diri bisa menurun drastis, bahkan ada perasaan yang muncul kalau kamu punya banyak kekurangan dan nggak layak dicintai. Tapi, tahu nggak sih kalau pikiran-pikiran ini justru jadi racun yang bikin kamu makin terpuruk? Setiap diri kita itu layak banget dicintai. Dan hey, a lot of people love you out there.

Sekarang tinggal memperbaiki mindset aja buat bikin kamu sendiri merasa dicintai. Memang sih saya bukan expert, tapi menurut pengalaman sendiri, beberapa hal ini bisa membantu. Mungkin kamu mau coba?

Nggak Usah Mempedulikan Mereka yang Nggak Mencintai Kamu

Mungkin selama ini kamu tahu orang-orang yang sepertinya tidak menyukaimu. Kalau emang ada, ya udah biarin aja. Nggak usah pedulikan deh pendapat mereka seperti apa. Kadang orang-orang ini sebenarnya cuma iri aja dengan kehidupanmu, tapi ingin bikin kamu serasa nggak punya apa-apa. Memanipulasi gitu deh. Memedulikan mereka cuma bakal bikin hidup kamu makin ribet.

Bikin Diri Sendiri Merasa Dicintai
Image copyright: pexels.com

Berani Melepaskan Semua Hal yang Bukan Milikmu

Ini dia salah satu ‘racun’ yang bikin kamu merasa tidak dicintai. Orang-orang atau hal-hal yang memang bukan milikmu nggak seharusnya tetap dipertahankan. Kamu mungkin selama ini berjuang, tapi gimana dengan mereka? Berjuang sendirian cuma bakal bikin kamu babak belur sendiri. Buntutnya nanti yang ada malah perasaan sedih, kecewa, merasa nggak layak dicintai, dan perasaan negatif lain yang bikin kamu makin down. Catat ya, kamu bakal mendapatkan hal yang jauh lebih besar saat kamu sudah berani melepaskan apa yang bukan milikmu.

Percaya Kalau Kamu Juga Punya Arti

Coba sini sebutin siapa aja orang yang berarti dalam hidup kamu? Keluarga, teman, pacar, mantan, mantan yang sulit dilupakan? Ada nggak yang memasukkan dirinya sendiri ke dalam daftar itu? Sepertinya jarang banget ya. Padahal, kamu wajib memasukkan diri kamu sendiri ke dalam list orang-orang yang berarti dalam hidupmu. Daftar nomor satu. Bukannya narsis atau egois, tapi itu tandanya kamu menyayangi diri sendiri.

Mulai sekarang, coba deh bangun kesadaran dalam diri kalau kamu pun layak menjadi sosok yang punya arti. Kalau pun memang kamu nggak ada artinya buat mantan yang udah ninggalin begitu aja, tapi kamu tetap berarti buat dirimu sendiri, keluarga, teman, dan orang-orang lain yang sayang kamu. Jadi, kenapa harus minder sih?

Bikin Diri Sendiri Merasa Dicintai
image copyright by: pexels.com

Habiskan Waktu Bersama Orang yang Kamu Sayangi (Dan yang Juga Sayang Kamu Dong!)

Beberapa cewek yang tengah berjuang pulih dari rasa ‘sakit’nya ada yang punya kebiasaan menyendiri. Iya, mungkin kamu memang butuh waktu buat sendirian, tapi jangan keterusan. Setelah masa duka selesai, cobalah keluar dan membuka diri. Kelilingi diri dengan orang yang kamu sayangi, dan yang pasti juga sayang kamu. Ini penting banget untuk mengembalikan rasa optimis dan percaya diri kalau memang masih ada banyak orang lain yang mencintaimu apa adanya. So, there’s no need to worry, dear…

Bersyukur dengan Hal Sekecil Apapun

Bersyukur adalah kunci kebahagiaan yang paling mendasar kalau menurut saya. Syukuri hal sekecil apapun yang kamu miliki. Kebahagiaan itu bisa datang dari mana saja, bukan cuma dari dia atau dia yang sudah meninggalkan kamu. Masih ada keluarga, teman, dan orang lain yang bisa membuat kamu merasa damai. Dan ingat satu hal, bahagia itu sederhana kok. Sesederhana melihat senyuman orang yang kamu sayang dan tetap memilih bertahan di sampingmu.

Just because you are going through hell right now, doesn’t mean you will never ever love again. Kamu layak dicintai, dan orang pertama yang bakal melakukannya adalah dirimu sendiri. Happy weekend gals!

Baca Juga Dong:

3 Hal yang Nggak Boleh Kamu Lakukan Waktu Makan, Demi Kebahagiaan yang Hakiki

Tentang Menuntaskan Rindu dan Dendam Menjadi Satu

Ketika Tuhan Memiliki Rencana, Percayalah Kalau Itu yang Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *