Ibarat Ketemu Jodoh, Aplikasi MyJNE Bikin Belanja Online Makin Seru

Saya termasuk orang yang suka belanja online. Alasannya sederhana, online shopping itu nggak ribet. Tanpa perlu keluar rumah, saya bisa mencari barang yang saya inginkan, membandingkannya dengan toko satu ke toko lain, semuanya dilakukan hanya dengan berselancar maya. Belanja online yang saya lakukan sudah nggak terbatas hanya pakaian saja, tapi meliputi buku, smartphone, aksesori gadget, headset, sampai laptop semuanya saya beli lewat online.

Bicara soal belanja online, pasti nggak bakal bisa lepas dari yang namanya jasa pengiriman barang. Rasanya kepuasan belanja masih belum terpenuhi dengan baik kalau jasa pengiriman barangnya kurang oke. Misalnya, pesanan yang nggak sampai-sampai, atau barang rusak waktu sampai, itu kan rasanya nyesek banget. Sudah menunggu lama, tapi waktu barangnya datang ternyata rusak karena jasa pengiriman yang kurang terpercaya bisa bikin rasa sakit yang mirip patah hati. Serius.

Selama beberapa tahun belakangan ini, saya termasuk customer setia dari JNE. Bisa dibilang, perkenalan kami terjadi secara nggak sengaja. Jauh sebelum saya jadi maniak online shop seperti sekarang, saya membuka online shop sendiri. Nah, pada waktu itu saya  harus memilih jasa pengiriman barang mana yang akan saya gunakan untuk mengirim barang pesanan ke customer. Akhirnya JNE-lah yang jadi jasa pengiriman paket terpilih. Alasannya sederhana, banyak online shop yang menggunakan JNE, bisa diartikan kalau JNE punya pelayanan yang bagus dan terpercaya. Selain itu, JNE adalah jasa pengiriman yang punya cabang paling dekat dengan rumah saya, kalau dibandingkan dengan brand lainnya.

Ibarat Ketemu Jodoh, Aplikasi MyJNE Bikin Belanja Online Makin Seru
Kantor cabang JNE Malang di Jalan Hamid Rusdi

Kebetulan rumah saya dekat dengan kantor cabang JNE Malang yang terletak di Jalan Hamid Rusdi. Nggak sampai 5 menit udah sampai dari rumah saya di daerah Jalan Sebuku kalau lewat tembusan di Jalan Grindulu. Di jam-jam tertentu kantor JNE ini antrinya nggak karuan. Jadi, saya biasanya kirim barang kalau nggak pagi banget sekitar jam 7 atau selepas Magrib.

Ibarat Ketemu Jodoh, Aplikasi MyJNE Bikin Belanja Online Makin Seru
Staf Customer Servive JNE Malang

JNE ini punya aplikasi mobile yang namanya MyJNE. Dulu, aplikasi ini membantu banget buat saya mengecek tarif dan tracking order. Tapi, mungkin dulu aplikasi ini masih mengalami tahap pengembangan awal, jadi masih banyak banget bug-nya. Misalnya aja cek tarif yang selalu gagal. Interface-nya juga bisa dibilang kurang menarik. Sayang banget saya nggak punya screenshotnya, soalnya ini udah sekitar 3-4 tahun lalu sih.

Saya sudah nggak jualan online lagi, tapi masih memanfaatkan aplikasi MyJNE dengan baik. Sekarang, aplikasi ini sudah memiliki user interface yang lumayan menarik. Konsepnya mungkin lebih ditekankan pada user friendly dengan desain yang simpel ya.

Ibarat Ketemu Jodoh, Aplikasi MyJNE Bikin Belanja Online Makin Seru
Aplikasi MyJNE untuk Android Foto: jne.co.id

Nah, sekarang saatnya kita bahas fitur apa saja yang hadir di aplikasi MyJNE ini.

Masuk ‘Rumah’, Langsung Ketemu Yang Dicari

Begitu masuk Home, kamu langsung bisa mendapatkan apa yang dicari. Rata-rata orang mengakses aplikasi ini kan buat cek tarif dan tracking order. Nah, lewat aplikasi ini pengguna bisa langsung mendapatkan informasi yang dibutuhkan lewat menu Home. Cek tarif sendiri bisa dilakukan dengan mengetikkan kota asal dan tujuan secara manual di box yang udah tersedia. Hasilnya bisa langsung keluar layanan apa aja yang tersedia berikut tarifnya.

Ibarat Ketemu Jodoh, Aplikasi MyJNE Bikin Belanja Online Makin Seru
Tampilan awal aplikasi MyJNE saat pertama kali membuka aplikasi

Untuk tracking kiriman, aplikasi ini menawarkan 2 metode. Yang pertama adalah input kode airway bill manual di box yang tersedia atau lewat scan barcode. Nggak ada kesulitan tersendiri saat input kode manual untuk melakukan tracking. Tapi, saya mengalami sedikit kendala saat ingin scan barcode. Khusus untuk scan barcode sepertinya butuh akses internet yang super kenceng, soalnya saya berulang kali menerima notifikasi network error sehingga hasilnya tidak bisa ditampilkan. Tapi kalau menggunakan WiFI lancar aja sih.

Ibarat Ketemu Jodoh, Aplikasi MyJNE Bikin Belanja Online Makin Seru
Scan barcode untuk melakukan tracking pengiriman

Kesimpulan:

Cek tarif dan tracking lewat aplikasi ini membantu banget daripada harus  mengaksesnya lewat situs JNE. Soalnya, menurut saya situs ini berat banget buat diakses, baik itu lewat PC atau mobile. Jadi membantu banget deh!

Cari Lokasi Terdekat Lewat JNE Nearby

JNE Nearby ini fitur yang bisa membantu pengguna menemukan lokasi JNE yang paling dekat dengan tempat dia berada. Buat mengakses ini, kamu wajib mengaktifkan GPS di smartphone. Waktu saya coba, aplikasinya bisa sih menemukan di mana saya berada, tapi lokasi JNE-nya nggak mau muncul. Saya sudah mencoba akses menggunakan WiFi juga tapi hasilnya tetap sama. Tanya dong sama pihak JNE, ini aplikasi saya kenapa ya? Mungkin bisa dicek ini tergolong bug atau bukan, biar performa MyJNE-nya makin juara.

Mencoba fitur JNE Nearby tapi lokasi JNE terdekat tidak terdeteksi
Mencoba fitur JNE Nearby tapi lokasi JNE terdekat tidak terdeteksi

Kesimpulan:

Sebenarnya keberadaan fitur ini bagus banget sih soalnya nggak perlu googling kalau mau cari lokasi JNE terdekat. Tapi sayang, belum bisa berfungsi dengan baik di smartphone saya.

Fitur Terbaru Yang Ajib Lewat My COD & My COD Wallet

Menu My COD ini bisa memfasilitasi penggunanya kalau mau menggunakan cash on digital atau pembayaran secara virtual. Kalau mau menggunakan fitur ini, pengguna wajib melakukan registrasi terlebih dahulu.

Ibarat Ketemu Jodoh, Aplikasi MyJNE Bikin Belanja Online Makin Seru
Tampilan My COD di aplikasi MyJNE

Nah, My COD Wallet adalah fitur pelengkap My COD, di mana pengguna bisa melakukan top up rekening virtual untuk pembayaran JNE. Jadi, nggak perlu membawa dompet kalau mau mengirim barang lewat JNE. Selain itu, fungsinya wallet ini juga bisa sebagai rekening bersama, jadi tidak akan tertipu selama belanja online. Kalau mau mengaktifkan fitur ini, pengguna wajib memasukkan nomor KTP, tanggal lahir, alamat, dan data bank yang digunakan. Saya sendiri belum pernah menggunakan layanan ini sih, jadi nggak begitu paham bagaimana alurnya.

Ibarat Ketemu Jodoh, Aplikasi MyJNE Bikin Belanja Online Makin Seru
Tampilan My COD Wallet

Kesimpulan:

Tidak begitu paham tentang penggunaannya jadi nggak bisa memberikan penilaian yang obyektif. Tapi, mungkin aplikasinya bisa ditambahkan deskripsi tambahan yang bisa memudahkan pengguna. Semacam menu FAQ atau Help gitu sih, jadi pengguna bisa mendapat gambaran bagaimana cara menggunakannya. Pertanyaan mendasar saya sih gini, bagaimana sih caranya mengisi saldo virtual buat My COD Wallet ini? Semoga pihak JNE bisa membalasnya di kolom komentar ya.

Overall, aplikasi MyJNE ini bisa membantu membantu banget buat customer seperti saya. Semacam ketemu jodoh buat belanja online gitu deh. Sebenarnya ada banyak layanan terbaru yang juga kece badai selain jasa pengiriman paket reguler yang biasa saya lakukan saja. Tapi mungkin pengoperasiannya masih di wilayah kota besar seperti Jabodetabek saja. Semoga ke depannya layanan JNE makin menyebar di kota lain dan aplikasi My JNE-nya semoga juga bisa semakin improve. Kamu juga online shoppers mania seperti saya? Saatnya download aplikasi MyJNE sekarang juga, yuk!

PS: Saya sebagai pengguna yang awam bener-bener butuh banget fitur FAQ atau Help supaya ditambah di menu aplikasi 😀

14 thoughts on “Ibarat Ketemu Jodoh, Aplikasi MyJNE Bikin Belanja Online Makin Seru

    1. waaah dikunjungi sesepuh blogger, jadi tersanjung :)))
      semoga nanti ada update-an dari aplikasinya biar makin joss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *